Kaluwarga.

Kaluwarga/keluarga adalah hal yang paling utama dalam hidup ini. Sebab kita berasal dan berangkat dari keluarga, serta kembali pulang hanya untuk/pada keluarga. Maka, selalu dahulukanlah keluarga. Oleh karena itu, jangan sampai kegiatan klub terganggu oleh acara keluarga.

BMWCCI Kediri Chapter.
Cinta BMW (untuk) cinta keluarga.
Blue-family of @bmwccikedirichapter Featuring our great lady bimmer @luckyarmada_bmwcci & her lovely bimmerkids. https://www.instagram.com/bmwccikedirichapter/p/BqlcnHUHMCm/

Sebentar…. Awalnya kutipan di atas sepertinya keren: “Maka dahulukanlah keluarga.”

Akan tetapi berikutnya: “… jangan sampai kegiatan klub terganggu oleh acara keluarga.”

Lho?

Kenapa bertolak belakang?

Inilah kaluwarga kecil imut BMWCCI Kediri Chapter, yang minimalis jumlah warganya dan tinggal di kota-kota yang imut. Kebanyakan area di daerah tugas dan kewenangan BMWCCI Kediri Chapter yang membawahi kawasan Kediri Raya dan sekitarnya ini masih berupa kawasan rural/pedesaan. Masih banyak sawah-ladang dan perkebunan meskipun bangunan telah tumbuh dengan semakin merajalela, menggerus keberadaan sawah-ladang yang menjadi sumber pangan utama masyarakat terdekat/di sekitarnya.

Karena kecil dan imutnya, maka koordinasi dalam internal klub menjadi sangat mudah, cair, dan tanpa sekat untuk mengsinkronisasikan agenda keluarga para warganya dengan agenda kegiatan klub.

Contoh sederhana adalah arisan emak-emak Bimmernita Kedirian yang sekaligus family gathering yang digelar pada hari Minggu, tanggal 24 Februari 2019.

Sebagaimana telah terpaparkan sebelumnya, bahwa kekuatan emak-emak Bimmernita Kedirian ini ternyata begitu perkasa untuk mewujudkan hal-hal “sepele” namun ternyata membutuhkan koordinasi rumit, pelik, dan mendetail semacam acara arisan dan pertemuan keluarga rutin bulanan ini.

Dalam grup internal emak-emak, persiapan seperti ini sudah dijalankan lebih dari dua minggu sebelumnya. Semuanya ditanyai satu per satu:

  • Semua sama bisa hadirnya kapan/hari apa – tanggal berapa.
  • Enaknya bertempat di mana.

Semuanya akan bakal konfirmasi bisa/tidaknya hadir dan menjangkau lokasi yang direncanakan.


Setelah semuanya disepakati, meski ada satu-dua yang tetap berhalangan hadir karena ada agenda yang benar-benar musti diatensi, barulah keputusan ditetapkan dan dipublikasikan.

Alhasil, karena kecilnya anggota kaluwarga Kedirian dan kuatnya aksi koordinasi di kalangan emak-emak, tingkat atensi setiap kegiatan (internal) klub senantiasa tinggi.

Inilah maksud sesungguhnya pakem “Dahulukan keluarga, dan jangan sampai kegiatan klub terganggu oleh acara keluarga.”

Karena adanya kekuatan koordinasi itu tadi. Sehingga jadwal terluang dari semua warga Kedirian bisa didapat dan kemudian menjadi jadwal kegiatan/agenda klub.

Maka jadilah keluarga masing-masing bisa nyaman menjalankan acaranya, dan keluarga kecil BMWCCI Kediri Chapter bisa mendapatkan jadwal kebersamaannya.


Ya, ini mungkin sesuatu yang “sepele”, namun ini penting. Karena di atas hal “sepele” tadi ada kekuatan besar yang terjaga, terpelihara, dan terlestarikan: kebersamaan, kekeluargaan, dan cinta.

Di dalam klub ini, banyak hati yang menyatu bersama di dalam keluarga kecil BMWCCI Kediri Chapter, klub yang begitu mencintai BMW dan begitu mencintai keluarga. [Jaga Wara]

Leave a Reply