BINTANG DAN KOMPUTERNYA.

Bintang Kyoto, adalah junior dari AG009 Lucky Armada yang sedang duduk di bangku Kelas 9. Ia telah lama punya ketertarikan dengan dunia BRAINSOM (branding, informatics, dan social-media) BMWCCI Kediri Chapter.

Beberapa posting di IG-nya disemati penyebutan (mention) pada @bmwccikedirichapter Juga ditempeli logo BMWCCI Kediri Chapter.

Semangat yang luar biasa, meskipun masih banyak yang harus diajarkan kepadanya. Wajar. Semua akan berproses seperti itu dalam bentuknya masing-masing untuk mengejar sesuatu.

Baru saja, Mas Bintang mendapatkan komputer barunya. Sebuah laptop kelas menengah dengan kemampuan yang sebenarnya melebihi apa yang mungkin dibutuhkannya sebagai pelajar sekolah. Namun kemampuan teknis laptopnya ungkin mendadak akan menjadi biasa jika dia sudah berkarya dengan wujud yang sedemikian rupa: poster atau hasil olah-sunting video. Jadi, yaaa baguslah jika komputer yang ia dapatkan itu berspesifikasi “melebihi” kebutuhannya sekarang.

Dia mulai bersemangat dengan apa saja aplikasi yang diperlukan untuk BRAINSOM-ing. Dan bagaimana tata-aturan penggunaan logo resmi BMWCCI Kediri Chapter.

Semangat yang menggebu khas anak remaja. Namun untuk prosesnya, harus dipenetrasikan secara gradual, bertahap, dan berkala. Apaagi saat ini dia hendak menghadapi ujian akhir sekolah, mungkin untuknya cukup diberi pemahaman konsepsional dulu sebelum nantinya baru melangkah ke pemahaman teknis yang lebih mendalam dan perlu fokus serta kemauan yang kebih tinggi agi.

Berkarya dengan dunia grafis-visual itu menyenangkan sekaligus menjemukan. Dan ini sangat susah untuk menjelaskannya. Namun setidaknya: menyenangkan jika kita ditantang untuk menciptakan sesuatu yag hidup, mandiri, dan sepenuhnya memiliki ruang kendali. Namun akan termat sangat enjemukan jika kita harus membuat sesuatu yang mati, jelek, enggak layak untuk diumbar sebagai kebanggaan hanya karena semuanya musti kita lakukan karena kita dibayar oleh klien dan sepenuhnya wajib mengikuti kemauan pribadi mereka yang kadang sesungguhnya susah dipertanggungjawabkan secara estetikal ataupun normatif.

Semoga Mas Bintang dan orang tuanya enggak paham dengan intermezo ini. Karena satu paragraf di atas sesungguhnya memaktub keseluruhan hidup mereka-mereka yang berkecimpung di dunia grafis atau visual. Hahahaha….

Balik ke Mas Bintang, sambil menunggu ujian akhir Kelas 9-nya, mungkin beberapa palikasi ini bisa dipelajari secara konsepsional dulu sebelum nantinya akan terjun ke aplikasi teknisnya.

Inkscape, Aplikasi Pengolah Grafis Kurva.

Sederhananya, ini adalah pensil digital, untuk menggambar secara bebas (freehand), sebagaimana kita semua dulu saat kecil memulai dunia dengan garis, segi, dan lingkaran.

OpenShot, Andalan Tim Brainsom BMWCCI Kediri Chapter.

OpenShot adalah aplikasi penyunting video. Aplikasi yang gratis namun sangat bertenaga ini sayangya memerlukan spesifikasi komputer yang menengaj ke atas. Setidaknya perlu RAM 8 gigabita untuk menjalankannya dengan performa paling bawah.

GIMP dan Photoshop

Keduanya adalah aplikasi pengolah gambar, bukan kurva. GIMP itu bebas diunduh, dan penggunaannya sedikit perlu pemahaman dan kerja keras untuk memahaminya. Sementara Photoshop itu berbayar dan sesungguhnya dia mahal.

Beberapa pengguna Photoshop dengan penggunan yang sederhana akhirnya memilih versi jadulnya yang lahir lebih dari 10 tahun silam.

Namun jika ditelateni, GIMP itu juga teramat sangat bertenaga (powerfull). Hanya saja justru itu tadi, untuk penggunaan yang sangat sederhana, dia kadang malah terkesan agak rumit.

Namun kami dari BRAINSOM BMWCCI Kediri Chapter tetap menyarankan GIMP untuk putra-putri Anda yang tertarik dengan aplikasi olah grafis.

OpenOffice atau LibreOffice

Keduanya adalah aplikasi yang pasti diperlukan oleh semua kalangan yang menggunakan komputer untuk bekerja sekaligus barang yang mungkin sama sekali enggak ada yang kenal dengannya.

Umumnya, semua mengenal MS Word untuk mengetik, MS Excel untuk kalkulasi dan tabulasi, serta MS PowerPoint untuk presentasi.

OpenOffice dan LibreOffice, saudara kembar beda inang pengasuh, punya kemampuan yang sama bertenaganya dan mereka berdua justru gratis & bebas untuk diunduh. Enggak pakai kucing-kucingan dengan tagihan pembayaran jika Anda menggunakan apikasi versi berbayar lainnya.

Kami menyarankan untuk nantinya dipasangi salah satu dari dua alikasi tersebut di komputer putra-putri Anda. Atau jika koneksi internet Anda stabil dan relatif selalu tersedia, lupakan aplikasi offline yang harus dipasang (install) di komputer putra-putri Anda, Gunakan saja Gdocs dan kawan-kawannya untuk bekerja. Ini justru pilihan terbaik menurut kami.

***

Tidak semua komputer putra-putri kita harus diisi aplikasi-aplikasi tersebut di atas. Semua anak dan semua orang tua punya kondisi dan dunianya masing-masing.

Dan enggak semua anak juga perlu punya kemampuan grafis atau visual. Karena setiap anak juga punya preferensi dan dunianya masing-masing.

Dan enggak semua anak yang punya preferenso grafis ataupun visual kelak harus menjadi pekerja di bidang grafis/visual. Sebab untuk kebutuhan personal dan non-komersialpun, itu semua juga masih bisa dimanfaatkan.

Ini pengantar dari kami. Selebihnya, BMWCCI Kediri Chapter akan membikin BRAINSOM for Bimmerkids untuk memperkenalkan dunia brainsom kepada sesiapa yang tertarik.

Nanti. Pelan-pelan dan bertahap.

  • Freema HW, warga BMWCCI Kediri Chapter, salah satu tim BRAINSOM BMWCCI Kediri Chapter.

Dirgahayu 5 tahun BMWCCI Kediri Chapter.

Yang pertama kali mengucapkan selamat ultah kelima BMWCCI Kediri Chapter adalah presiden BMWCCI, Om Asido Regazoni via sebuah komen beliau di sebuah posting IG resmi @bmwccikedirichapter pada 14022019 silam.

14022014 sedianya memang akan dijadikan hari pengukuhan BMWCCI Kediri Chapter. Namun rencana itu tertunda karena sponsor yang katanya komitmen hendak ngasih support ke acara pengukuhan tersebut ternyata batal memberikan dukungannya.

Ndilalah, pas hari itu Gunung Kelud mbledhug. Alhasil, alam seperti menyelamatkan penundaan ini.

Jadilah kemudian acara pengukuhan digeser, rencananya ke 04042014 (de facto) yang secara de jure/administratif baru terlaksana dan diterimalah surat peresmian pada 20042014.

Sejak itu, senantiasa dibikin acara pengingat kelahiran klub ini setiap bulan April. Dari sekedar tumpengan super sederhana secara internal hingga bikin gelaran Bimmercamp sebagaimana terlaksana tahun 2014 kemarin.

April tahun 2019 ini, karena satu dan lain hal yang enggak ada acara khusus untuk memperingati ulang tahun BMWCCI Kediri Chapter. Kalo doa bersama sebagai panjatan syukur dan harapan baik ke depan sih adalah tentunya.

Tapi (meski enggak ada acara khusus) ini bukan alasan bagi saya pribadi untuk terus dan semakin mencintai klub ini, yang memang pada kenyataannya klub ini banyak memberikan banyak hal kepada saya ketimbang saya yang banyak memberi kepada klub ini.

Dirgahayu 5 taon BMWCCI Kediri Chapter.

Semoga klub ini bisa menjadi ajang kegembiraan kepada warganya pada khususnya maupun kepada sesiapa saja pada umumnya.

Semoga klub ini bisa terus memberikan manfaat kepada warganya pada khususnya maupun kepada sesiapa saja pada umumnya.

Semoga klub ini terus bersinar, menyinari, dan di/tersinari; memberikan pencerahan kepada warganya pada khususnya maupun kepada siapa saja pada umumnya.

Semoga klub ini bisa menjadi ajang kumpul maslahat dan sarana buang mudharat.

Semoga klub ini bisa langgeng sepanjang masa, dibimbing oleh BMWCCI sekaligus berkprah kepada BMWCCI.

#

Saya ini asli beneran sungguh enggak punya malu dalam semua hal. Tapi kali ini, pada lima tahun BMWCCI Kediri Chapter ini, saya pribadi justru merasa malu.

Karena saya masih lebih banyak menyusu, meminta, dan menghisap kepada klub ini ketimbang memupuk, merawat, dan membesarkan klub ini.

Lha koq bisa saya merasa seperti ini?

Sebab orang banyak mengenal saya sebagai warga BMWCCI Kediri Chapter, yang artinya saya “menerima” predikat dan identitas dari klub ini; sementara tidak banyak yang bisa saya sumbangsihkan untuk memupuk, merawat, dan membesarkan klub ini.

Ini ucapan selamat sekaligus renungan saya pribadi, pada lima tahun #bmwccikediri #bmwccikedirichapter ini.

#

Selamat ulang tahun BMWCCI Kediri Chapter. Aku mencintaimu sepanjang masa.

  • Freema Bapakne Rahman.